Manfaat dan Nutrisi Mentimun Bagi Kesehatan

manfaat mentimun Nutrisi Dan Manfaat Mentimun Bagi KesehatanSebagian besar dari kita mungkin sering mengkonsumsi mentimun (Cucumis sativus) buah yang termasuk dalam keluarga labu ini memiliki kandungan air yang tinggi. Bahkan potongan mentimun juga sering digunakan sebagai pelembab wajah dan dipercaya untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang manfaat buah mentimun dan nutrisi yang dikandungnya, coba simak ulasan berikut ini:
1. Perawatan kulit
Mentimun memiliki sifat diuretik, efek pendingin, dan pembersih yang bermanfaat bagi kulit. Kadar air yang tinggi, vitamin A, B, dan C, serta mineral seperti magnesium, potasium, mangan, dan silika, membuat mentimun merupakan bagian penting untuk perawatan kulit. Masker wajah yang mengandung ekstrak mentimun digunakan untuk mengencangkan kulit. Asam askorbat dan asam caffeic di dalamnya dapat menurunkan tingkat retensi air, yang juga berguna mengurangi pembengkakan di sekitar mata.
2. Melancarkan fungsi pencernaan
Masalah pencernaan seperti maag, gastritis keasaman, dan ulserasi, bisa disembuhkan dengan mengonsumsi jus mentimun segar setiap hari. Serat makanan dalam buah ini dapat mengusir racun dari sistem pencernaan sehingga meningkatkan proses pencernaan. Bahkan, mengkonsumsi mentimun setiap hari sangat efektif sebagai obat sembelit.
3. Menjaga kesehatan sendi
Mentimun juga mengandung silika yang dapat meningkatkan kesehatan sendi Anda dengan memperkuat jaringan penghubung di dalam sendi tulang.
4. Pencernaan protein
Enzim pepsin dalam mentimun membantu dalam pencernaan protein.
5. Menjaga tekanan darah
Kalium, magnesium, dan serat yang ada pada mentimun dapat membantu Anda untuk menjaga tekanan darah dan  menormalkannya.
6. Membunuh cacing pita
Biji mentimun dianggap sebagai obat alami untuk mengusir cacing pita di saluran usus. Bahkan, ia juga dikenal sebagai anti-inflamasi dan efektif untuk mengobati pembengkakan selaput lendir di hidung dan tenggorokan.
7. Perawatan kuku
Kandungan silica pada mentimun juga digunakan untuk mencegah kerusakan kuku pada jari kaki dan tangan.
8. Mengatasi asam urat dan rematik
Jus mentimun diperkaya vitamin A, B1, B6, C, D, folat, magnesium, dan kalsium untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal dari khasiat buah mentimun Anda dapat mencampurnya dengan wortel dan dihidangkan dalam bentuk jus. Ini dapat menyembuhkan nyeri sendi dengan menurunkan kadar asam urat.
9. Mengobati sakit gigi dan gusi
Penyakit mulut pada gigi dan gusi terutama penyakit pada gusi, dapat diobati secara efektif dengan jus mentimun. Mengkonsumsi mentimun mentah juga dapat meningkatkan air liur dan berfungsi untuk menetralisir asam dan basa dalam rongga mulut.
10. Menyembuhkan penyakit diabetes
Jus mentimun dikenal sangat membantu meningkatkan kesehatan pasien diabetes. kandungan mineral dan mangan sangat bermanfaat dalam sintesis insulin alami dalam tubuh.
11. Perawatan  ginjal
Mentimun menunjukkan manfaat dalam membantu meringankan masalah kandung kemih dan ginjal. Air yang terkandung di dalamnya membantu untuk mempercepat fungsi ginjal dengan proses buang air kecil. Bahkan, mentimun adalah diuretik alami terbaik.
12. Lush rambut
Jika Anda membuat jus mentimun dicampur dengan wortel, bayam, dan selada akan membantu Anda untuk memiliki rambut lebat. Kandungan silikanya membantu pertumbuhan rambut, jika Anda sering mengkonsumsi makanan yang mengandung silika, Anda akan memiliki rambut yang bagus dan tulang yang sehat.
Salah satu penyakit di atas mungkin ada pada Anda, keluarga dekat atau teman, mengapa tidak mencoba meminta mereka untuk mendapatkan khasiat mentimun guna membantu memecahkan masalah kesehatan tersebut dengan cara yang lebih alami, seperti apa yang Anda baca di atas.

Sumber: http://www.sitenar.com/nutrisi-dan-manfaat-mentimun-bagi-kesehatan/

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Manfaat dan Nutrisi Mentimun Bagi Kesehatan ini dipublish oleh Unknown pada hari Sabtu, 02 Maret 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Manfaat dan Nutrisi Mentimun Bagi Kesehatan
 

0 komentar:

Posting Komentar

diooda